Webinar Stunting - 24 Oktober 2021

Tanggal: 2021-10-20 15:05:01 | Update by: andyka

Dalam rangka percepatan penanganan dna pencegahan balita stunting, Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya  kembali mengadakan serangkaian  kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat berupa penyuluhan  pelatihan, webinar kepada kader dan warga Kelurahan Kalirungkut Kecamatan Rungkut Surabaya. 

Webinar kali ini mengenai resiko dampak psikologis anak stunting di masa remajanya. Serta Nutrisi pada kehamilan. 


Seperti yang kita ketahui bahwa  pentingnya stimulasi psikososial dari orang tua utk anak stunting sehingga mereka tdk bermasalah secara psikis di dalam pertumbuhannya. 

Seorang anak stunting penanganannya bukan hanya dengan suplementasi gizi saja, namun Dr. Harsono,SpKJ menegaskan adanya kemungkinan   anak stunting yang tidak tertangani dengan optimal dapat berisiko timbul masalah psikis di saat remajanya. 

Pengetahuan serta  kesehatan fisik maupun mental  remaja putri yg berkualitas sebagai calon ibu memegang pengaruh yang penting dalam pencegahan balita stunting pd saat remaja tersebut menjadi seorang ibu hamil ataupun ibu yg mengasuh anaknya..  

Demikian pula nutrisi pada kehamilan menentukan pertumbuhan dan kualitas tumbuh kembang  bayinya.


Pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai stunting ttg risiko dan dampaknya  memegang peranan penting dalam pencegahan dan penanganan stunting pd balita. 

Webinar yg ditujukan bagi ibu hamil, ibu kader,ibu-ibu balita stunting, dan remaja putri inin diadakan hari Minggu tgl.24 Okt 2021 pk 10.00  dengan pembicara  ahli atau Spesialis Kedokteran Jiwa dari FK UWKS yaitu Dr. Harsono,SpKJ  dengan tema " Hubungan antara Stunting dengan Fungsi Psikologis Anak Remaja"  . 

Pemateri kedua adalah ahli di bidang obstetri ginekologi yaitu Dr.dr. Harry Gondo,SpOG(K) dengan tema " Nutrisi pada Kehamilan"

Seperti acara-acara sebelumnya dalam.program percepatan penanganan dan pencegahan stunting pada balita , antusiasme peserta begitu tinggi dan waktu seperti tidaklah cukup dalam menjawab pertanyaan dalam diskusi interaktif dalam suasana ilmiah dan kekeluargaan.

FK UWKS akan terus memberikan peran serta dalam  program-program pencegahan dan penanganan stunting.


(writer-Ayling)